Cara Membuat Huruf Putus-Putus Seperti Pada Lembar Kerja Menulis Buat Anak


Sahabat pasti sering menemui huruf abjad putus-putus pada lembar kerja menulis untuk anak, seperti pada gambar A dan gambar B diatas. Huruf putus-putus ini sangat membantu anak yang baru memulai belajar menulis. Belajar menulis akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan sehingga anak bisa terhindar dari rasa stress. Mungkin diantara sahabat ada yang bertanya-tanya, bagaimana caranya agar huruf bisa putus-putus ? Bagaimana cara membuatnya ? atau mungkin ada sahabat yang berkeinginan untuk membuat lembar kerja menulis sendiri untuk belajar anak ? Atas dasar itu, pada postingan kali ini admin akan menjelaskan caranya membuat huruf putus-putus.

Sebelumnya admin minta maaf bila cara yang admin jelaskan nanti justru membuat sahabat bingung. Jujur, admin setiap mau menulis itu bingung, bagaimana buat awalannya, nanti akhirannya seperti apa, isinya bagusnya bagaimana, yang ujung-ujungnya malah bikin drop dan nggak jadi nulis. Untuk itu admin mohon pencerahannya lewat kritik dan saran atas tulisan yang admin buat ini. Nggak usah sungkan-sungkan ngasih kritikan pedas, justru itulah yang admin inginkan :D

Cara Membuat Huruf Putus-Putus dengan Menggunakan Corel Draw (Merujuk pada gambar A)

Langkah pertama – Jalankan program Corel Draw dan buat New Blank Document sebagai lembar kerja baru. Bagi sahabat yang belum mengenal Corel Draw, bisa berkenalan disini.

Langkah kedua – Klik text tool pada toolbox atau tekan F8 pada keyboard. Lihat gambar !


Langkah ketiga – Klik pada area kerja, kemudian setting jenis font dan ukuran font pada property bar. Merujuk pada gambar A, maka settingnya seperti berikut :

Jenis font : Arial. Ukuran font : 72 point. Lihat gambar !
 

Langkah keempat – Ketikkan huruf yang ingin dibuat putus-putus (aktifkan capslock pada keyboard untuk membuat huruf besar). Merujuk pada gambar A, maka ketikkan huruf A. Setelah selesai, klik pick tool pada toolbox untuk mengakhirinya. Lihat gambar !
 

Langkah kelima – Setting warna huruf dengan menggunakan color pallete. Merujuk pada gambar A, setting warnanya seperti berikut :

Outline : Black (warna hitam), caranya klik kanan warna hitam pada color pallete. Lihat gambar !
 

Fill : No-fill (tidak berwarna), caranya klik tanda silang pada color pallete. Lihat gambar !
 

Dan hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini,
 

Langkah keenam – Setting ketebalan outline dan style outline. Caranya double klik outline color pada status bar. Lihat gambar !
 

Dan akan muncul kotak dialog outline pen seperti gambar dibawah ini,
 

Merujuk pada gambar A, atur ketebalan outline 0.5 point dan untuk style outline pilih nomer 12. Lihat gambar !
 

Atur jarak style outlinenya dengan cara klik edit style, muncul kotak dialog baru, setting seperti pada gambar berikut, setelah selesai klik replace. Lihat gambar !
 

Kembali ke kotak dialog outline pen, lalu klik ok. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
 

Langkah ketujuh – Selesai. Huruf putus-putusnya sudah jadi.

Sahabat bisa berkreasi dengan mengatur jenis font, ukuran font, ketebalan outline, dan style outline. Sesuaikan dengan selera sahabat masing-masing. Walaupun langkah-langkah yang admin jelaskan panjang, tapi dalam prakteknya tidak sampai lima menit huruf putus-putusnya jadi. Bagaimana dengan membuat huruf putus-putus seperti gambar B diatas ? Berikut admin jelaskan.

Cara Membuat Huruf Putus-Putus dengan Corel Draw Seperti Gambar B

Untuk membuat huruf putus-putus seperti gambar B, caranya simpel, sahabat cukup memanfaatkan font putus-putus yang ada. Jadi, sahabat harus mendownload font putus-putusnya (karena font bawaan corel draw tidak tersedia) terlebih dahulu, lalu instal, dan font siap digunakan. Sahabat bisa mengikuti langkah pertama sampai keempat seperti penjelasan diatas, ganti jenis fontnya dengan font putus-putus, kemudian ketikkan huruf yang diinginkan. Huruf putus-putusnya jadi.

Merujuk pada gambar B, font putus-putus yang admin gunakan adalah Trace Font, silakan download disini. Selain Trace Font, sahabat bisa berkreasi dengan menggunakan font putus-putus lainnya. 

Berikut jenis font putus-putus yang bisa sahabat pilih,





Silakan klik pada nama font-nya untuk download font putus-putus. 

Cara Menginstal Font Hasil Download

Langkah pertama – Jika file font masih dalam bentuk zip atau rar, maka sahabat harus mengekstraknya terlebih dahulu. Caranya klik kanan pada file, lalu pilih pilihan ekstrak here. Lihat gambar !
 

Langkah kedua – Pilih file font hasil ekstrak yang berformat ttf (TrueTypeFont), kemudian double klik. Lihat gambar !
 

Langkah ketiga – Akan terbuka kotak dialog font yang berisikan contoh font yang akan sahabat instal, klik instal. Lihat gambar !
 

Langkah keempat – Tunggu proses instal selesai. Font siap digunakan.

Cara Membuat Huruf Putus-Putus dengan Microsoft Office Word

Caranya sama, sahabat cukup memanfaatkan font putus-putus yang ada. Jika sahabat sudah mendownload dan menginstalnya, itu berarti sahabat tinggal menggunakannya. Ubah jenis font menjadi font putus-putus pada Microsoft Office Word, atur ukuran font-nya, ketikkan huruf yang diinginkan, jadi.

Selamat mencoba membuat huruf putus-putus. Selamat berkreasi membuat lembar kerja menulis buat anak. Admin berharap adanya koreksi terhadap postingan ini, jika memang sekiranya kurang bisa dipahami, admin akan mencoba memperbaikinya.

Bagi sahabat yang tidak mau repot, atau tidak sempat, atau tidak punya waktu, bisa mendownload lembar kerja menulis buat anak yang sudah jadi dan tinggal pakai disini. Terima kasih.

26 Responses to "Cara Membuat Huruf Putus-Putus Seperti Pada Lembar Kerja Menulis Buat Anak"

  1. Wah keren juga ya bisa dicoba nih kayanya okeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo kang...... nggak ada 5 menit jadi.... bahkan kalo dah terbiasa nggak ada semenit... :D

      Hapus
    2. Wah cepat sekali ya kang prosesnya bahkan tidak sampai 5 menit, hmm keren nih.

      Hapus
  2. kalau buat nya dengan aplikasi corel draw memang bakalan rapi, ya walaupun ribet menurut saya untuk membuat hurus putus-putus di lembar kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ribet kuk mas.... simpel sebenarnya kalo dipraktekin..

      Hapus
  3. pengetahuan baru buat yang nggak bisa correl seperti saya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dipelajari... bisa corel itu menyenangkan... :D

      Hapus
  4. terimakasih ilmu membuat huruf putus-putusnya sangat perlu untuk memberi anak Balita permainan menyambungkan huruf.

    salam sehat dan ceria selalu...untuk mang admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam buat keluarga juga kang... :D

      Hapus
  5. Enakan pakai Ms Word dong mas bisa langsung ketik nggak seperti pake corel

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama enak kang..... :D... justru saya pake ms word nggak bisa berkreasi....

      Hapus
  6. tutornya bagus nih, kebetulan belum ngerti corel draw :)

    BalasHapus
  7. terimakasih atas ilmunya yang sangat membatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama... silakan dipelajari...

      Hapus
  8. Oh bisa juga pakai corel yah,, kalau aku malah sering download font aja heheh padahalkan bikin sendiri juga bisa yah ??/ thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake font itu praktis tapi kadang kurang rapi.... kalo buat sendiri pake corel hasilnya lebih rapi dan bisa kita buat seperti yang kita mau...

      Hapus
  9. Terima kasih ya kang infonya sangat bermanfaat sekali.
    Salam kenal kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jga hanz... moga blog barunya cepet berkembang...

      Hapus
  10. Sip tutorialnya lengkap banget.. Pas untuk saya yang bkerja suka pakai corel draw. Terimakasih gan

    BalasHapus
  11. Keren mas, tambah lagi tutor corelnya. Saya mau belajar nih

    BalasHapus
  12. wahhh caranya cukup mudahh yaa gan
    makasih banyak yaaa sudah berbagi tutorialnya

    BalasHapus
  13. Link corel draw nya juga donk , biar sekalian gw coba

    BalasHapus
  14. heri@ kalo sering pake corel pasti udah tahu ya...? :D

    adya@ corel itu sangat menyenangkan lho...

    anggi@ mudah banget...:D

    Rio@ maksudnya software corelnya ya ? aduh saya nggak punya.... bisa download di blog yang khusus untuk download software..

    BalasHapus
  15. Selama ini saya cuma bisa ngunduh font putus-putus dari innternet. Belum bisa bikin sendiri. :( *Makasih tutorialnya, ya, Mas. Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake font emang praktis mas... cuma kadang kurang rapi...

      Hapus

wdcfawqafwef