Lembar Kerja Mewarnai Huruf Abjad Buat Belajar Anak Gratis



Berikut adalah lembar kerja mewarnai huruf abjad. Dengan lembar kerja ini anak bisa sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, yang artinya cuma dengan mewarnai lembar kerja ini anak bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Kuk bisa ? Ya bisa dong, judulnya saja lembar kerja mewarnai huruf abjad. Selain mendapatkan manfaat dari kegiatan mewarnai itu sendiri, anak juga bisa mengenal huruf abjad dengan cara yang sangat menyenangkan. Lembar kerja mewarnai ini bisa dijadikan metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf abjad kepada anak. Metode ini bisa dijadikan pilihan terakhir jika nantinya mengenalkan huruf abjad kepada anak dengan metode lain tidak berhasil. Dengan metode mewarnai huruf abjad ini, anak akan terhindar dari yang namanya rasa bosan, rewel atau stress. Anak tidak akan merasa tertekan atau terbebani karena pada dasarnya mewarnai itu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan disukai anak-anak. Anak-anak itu mempunyai karakter yang berbeda-beda dan terkadang membutuhkan pendekatan yang berbeda pula agar apa yang diajarkan kepada anak dapat terserap dengan baik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan berbagai metode pembelajaran sampai ketemu dengan metode yang tepat dan disukai oleh anak. Metode yang digunakan harus kreatif dan berstatus menyenangkan, jangan pernah memaksakan kepada anak, apalagi sampai menggunakan cara kekerasan, bisa-bisa bukannya terserap malah ambyar kemana-mana.


Mewarnai huruf abjad pernah admin gunakan saat mendapatkan mandat untuk mengajari anak tetangga mengenal huruf abjad, dan Alhamdulillah hasilnya positif. Admin sedikit bangga karena berhasil mengenalkan huruf abjad kepada si anak dan dapat terserap dengan baik. Admin cukup bangga karena sekarang si anak sudah lancar membaca. Admin sangat bangga setelah si anak saya pegang, si anak bisa naik ke sekolah dasar, setelah sebelumnya dua kali gagal naik ke sekolah dasar. Sebagai catatan, menggunakan metode mewarnai huruf abjad, anak harus mendapatkan bimbingan penuh. Percuma kalau mewarnai saja, tapi anak tidak tahu mereka mewarnai apa. Anak harus dibimbing bahwa yang mereka warnai itu huruf abjad, jika lembar kerjanya khusus mewarnai huruf A, maka bimbing dengan memberitahukan bahwa yang diwarnai itu huruf A. Disela mewarnai, kita juga bisa menanyakan kepada anak, untuk sekadar mengingatkan,  mereka sedang mewarnai huruf apa.

Mengapa mewarnai huruf abjad dapat digunakan untuk mengenalkan huruf abjad dengan baik kepada anak ? Jika melihat dari manfaat mewarnai itu sendiri, bisa admin jelaskan sebagai berikut :

Mewarnai membuat anak lebih tenang dan bahagia

Saat mewarnai, otak akan merespon dengan melepaskan hormon endorphin yaitu hormon bahagia yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih tenang dan dapat menimbulkan rasa bahagia. Belajar dalam keadaan lebih tenang dan bahagia tentu efeknya berbeda dengan belajar dalam keadaan tertekan atau sedih. Jika anak dalam keadaan tenang dan bahagia, apa yang diajarkan akan lebih mudah diserap. Sedangkan jika anak tertekan atau lagi sedih, boro-boro terserap, yang ada masuk sebentar, keluar kemudian.

Mewarnai membuat anak lebih berkonsentrasi

Pada saat mewarnai, lobus frontal atau bagian otak yang mempunyai fungsi untuk mengorganisir dan memecahkan masalah akan terbuka yang menyebabkan fikiran menjadi fokus. Pernahkah saat anak sedang belajar clingak-clinguk kearah luar melihat anak-anak lain yang sedang asyik belajar ? atau ketika mendengar penjual es krim, tiba-tiba anak berlari keluar menghentikan si penjual ? Jika iya, berarti si anak gagal fokus. Dengan mewarnai, semua rintangan diatas akan terlewati karena anak akan terfokus untuk melakukan satu kegiatan saja yaitu menyelesaikan tugasnya mewarnai. Belajar dengan konsentrasi penuh tentunya memberikan efek berbeda jika dibandingkan dengan belajar dalam kondisi fikiran terbang kemana-mana

Lembar Kerja Mewarnai Huruf Abjad

Bagi sahabat yang membutuhkan lembar kerja mewarnai huruf abjad bisa mendownloadnya di link-link yang admin sediakan dibawah. Sebagai bonus, dengan lembar kerja ini anak juga bisa belajar mengenal buah, sayur, dan benda dalam bahasa inggris. File yang tersedia adalah dalam bentuk file PDF.
http://buatbelajaranak.blogspot.co.id/

Lembar Kerja 1 (A-E)


Bagi sahabat yang ingin request lembar kerja atau contoh soal tertentu silakan mengirimkan request DISINI. Tidak dipungut biaya kok alias gratis.
 
Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini baik dalam segi pandangan atau yang lain dan jika artikel ini sekiranya kurang bisa dipahami bisa menyampaikan koreksinya di lapak komentar dibawah. Insya Allah akan admin perbaiki. Terima kasih.

46 Responses to "Lembar Kerja Mewarnai Huruf Abjad Buat Belajar Anak Gratis"

  1. Wah iya nih, setiap anak itu emang punya karakter yang berbeda dan metode pengajarannya pun juga berbeda. Kalo udah nemu yang pas mah alhamdulillah banget ya :D

    Salut juga sama usaha admin yang mengajarkan anak tetangga mengenal huruf abjad, bahkan hingga naik ke sekolah dasar. Insya allah pahalanya terus mengalir, aamiin :)

    Ternyata dengan mewarnai itu bermanfaat positif ya untuk perkembangan si anak. Dulu waktu kecil saya juga gemar mewarnai, dan memang akan fokus banget kalo udah dapet waktu untuk mewarnai, bisa corat-coret sana-sini dengan crayon atau pensil warna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kehabisan lembar buat mewarnai pasti corat coret tembok ? :D

      Hapus
  2. Cocok banget buat latihan anak saya yang masih PAUD sebab seringnya mewarnai

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayahnya juga harus iktu mewarnai dong.... :D

      Hapus
  3. satu lagi pelayanan mujarab bagi para orang tua untuk menyediakan anak-anaknya lembar kerja mewarnai yang bisa di download secara GRATIS.
    mumpung gratis tak sedot sampe tandas nih mang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk.... mang lembu mah aya aya wae...

      Hapus
  4. cocok nih, anak saya lagi senang mewarnai, sampai dinding rumah juga sudah rata dengan crayon

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk itulah kang pentingnya memberikan wadah buat tempatnya menyalurkan kegiatan yang disenannginya saat ini...

      Hapus
  5. wah wah, kebetulan saya punya anak kecil, tapi masih umur 40 hari kang jadi masih belum bisa, tapi saya izin bookmark kang. makasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya kang atas kelahiran si kecil, moga jadi anak yang cerdas.... :D

      Hapus
  6. Sementara belum punya istri apalagi anak,,,, saya amankan buat ponakan Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayok opo wae diamankan... :D

      Hapus
  7. izin download ya lang, walauphn anak saya masih umur 40 hari, semoga nanti bermanfaat

    BalasHapus
  8. Postingan kreatif, Mas. Terima kasih sharingnya :)

    BalasHapus
  9. aduuh...tiap kali klik, artikelnya kabur-kaburan euy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana kang..... ada jendela baru yang terbuka gitu ?
      udah diperbaiki, udah nggak kabur-kaburan lagi :D

      Hapus
    2. komentar saya nyelip dimana ya kang... padahal saya tadi sudah komentar puanjang lebar minta izin download lo akang... hayo akang sembunyiin dimana kang>?

      Hapus
    3. aku harus gimanaaaaaaaa......... :D ;D

      Hapus
  10. Hmm sepertinya pelajaran yang paling disukai oleh anak anak ya menggambar ya sepertinya, kalau begitu saya akan coba beli deh peralatan menggambar siapa tau apabila besar nanti sepupu saya menjadi seorang pelukis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin...... pokoke harus difasilitasi..... sesuai dengan uu perlindungan anak... salah satu tugas orang tua adalah menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampaun, bakat dan minatnya... :D

      Hapus
    2. Iya kang sepertinya dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan ya untuk membuat tubuh kembang anak lebih baik lagi untuk kedepannya, hmm sepertinya peran orang sangat penting ya kang.

      Hapus
    3. peran orang tua itu harus kang... bukan sepertinya lagi...

      Hapus
  11. izin comot ya kang... trimakasih sudah berbaik hati ngasih gratis... semoga bermanfaat aamiin

    BalasHapus
  12. wkwkwk jadi inget jaan gue tk dulu nih belajar abjad :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu nggak nangisan kan ? :D

      Hapus
  13. blog ini cocok buat anak-anak masa kini loh, edukasi banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak masa kini mainnya aplikasi kang.... :D

      Hapus
  14. asik nih, izin sedot kang, mumpung banyak ponakkan yang masih kecil - kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipake sendiri juga bisa kang, baut ngilangin stress...

      Hapus
  15. Nah ini dia nie salah satu model pembelajaran yang paling disukai anak-anak, kalo gitu ijin sedot dulu ah kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke kang... jangan lupa pake sedotan biar lebih mudah.... :D

      Hapus
  16. Sangat bagus ini untuk melatih kreatifivitas anak-anak agar kecerdasannya terasah

    BalasHapus
  17. Ini niiih yg ampe tuwirr ginih ane masih dhemen corat-caret warna, ampe gelas, kaca cermin, kaca lemari diwarnai/cat :)

    apalagi anak2 pasti seneng anteng asyik belajarnya.
    asyiiik dpt lembar kerja GRATIS makasih banget mas Sumarno.

    Abahnya juga suka becanda minta dicoretin ama anak2 (pipinya) pakai lipstick hihihi kreatip banget tuh yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mewarnai bisa dilakukan oleh semua orang dari anak-anak sampai orang dewasa....

      aduh abah yang baik...:D

      Hapus
  18. sangat membantu nih untuk yang punya anak, untuk mengasah kemampuan dan kreatifitasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa membantu orang dewasa juga yang lagi stress atau kurang fokus mnegerjakan kerjaan..... :D

      Hapus
  19. Dengan adanya teknologi seperti ini, proses belajar anak-anak pun jadi mudah dan menyenangkan...tinggal di gambar di lembar kerja selanjutnya tinggal disuruh mewarnai..dengan cara seperti ini anak-anak pun diharapkan bersemangat dalam belajar ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi ada aplikasi mewarnai.... jadi tambah mudah...:D

      Hapus
  20. wah, seru nih broh postingannya..
    kebetulan ponakan sama anaku senengna maen komputer/gadget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo suka main gadget atau komputer mending download aplikasi mewarnai saja..... banyak tuh di internet... :D

      Hapus
  21. Wah, bentar lagi saya butuh info ini buat adek Athifah

    BalasHapus

wdcfawqafwef